Header Ads

Header Ads

Peserta Pelatihan Perdamaian Internasional Diajak Mengenal Tradisi Damai Dalam Pesantren


Rabu (16/01/2019), Kampus Institut Pesantren Mathali’ul Falah menerima kunjungan puluhan peserta pelatihan internasional dari berbagai daerah dan manca negara. Sebagian besar berasal dari Jogjakarta, Sumatra hingga Papua sedangkan untuk peserta luar negeri berasal dari USA Australia, Filipina, Nepal, Korea, Singapore, Malaysia, Checnya, hingga New Zeland.

Kedatangan mereka adalah untuk melihat lebih dekat tradisi Pesantren yang ada di Pati khususnya Desa Kajen sebagai porosnya.

Kegiatan kunjungan ini adalah salah satu rangkaian kegiatan Pelatihan Perdamaian Internasional yang diselenggarakan oleh Rumah Damai Pati yang didukung oleh Friends Peace Teams Asia West Pacific. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 12-22 Januari 2019 di gedung Rumah Damai Desa Muktiharjo Pati.

Kedatangan para pegiat perdamaian ini disambut oleh civitas akademi IPMAFA dalam forum diskusi berjudul “Mengenal Tradisi Pesantren dan Budaya Damai” yang dipimpin oleh Wakil Rektor I bapak Ahmad Dimyati MA dan direktur Pusat Studi Peace Promotion ibu Kamilia Hamidah MA dan dihadiri oleh para dosen, anggota Pusat Studi Peace Promotion serta mahasiswa umum.


Setelah itu, dilanjut dengan kegiatan kunjungan wisata ke beberapa tempat bersejarah yang ada di Desa Kajen antara lain Masjid Jami’ Kajen, Makam Waliyullah Syekhh Ahmad Mutamakkin dan Pondok Pesantren Roudlotul Ulum sebagai pesantren tertua yang ada di Desa Kajen. Kegiatan ini melibatkan beberapa personil Islamic Centre Kajen sebagai pemandu wisata yang menjelaskan sejarah Syekh Ahmad Mutamakkin serta beberapa peninggalan situs sejarah Islam.