Header Ads

Header Ads

Peace Promotion IPMAFA Ikuti Pelatihan Boardgame for Peace


Beberapa mahasiswa dan siswa mengikuti kegiatan pelatihan pendidikan perdamaian yang diselenggarakan oleh Peace Generation Indonesia bekerjasama dengan beberapa instansi nasional selama 2 hari, 17-18 November 2017. Boardgame For Peace ini diselenggarakan di hotel Aston Solo.
Kegiatan diikuti oleh 60 peserta dari Solo, Jogja dan sekitarnya. Dua di antaranya adalah mahasiswa dari Fakultas Dakwah dan Pengembangan Masyarakat yaitu Niam dan M. Nasrul. Keduanya mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari pengenalan nilai dasar perdamaian yang dibimbing langsung oleh co-founder PeaceGeneration Indonesia, Irfan Amalee, nonton bareng film documenter karya Nur Huda Ismail, dan mengenai potret perekrutan ISIS di media sosial.

Kemudian ada sesi talk the Peace yang berisi dialog langsung dengan aktifis Asosiasi Korban Bom Indonesia (Askobi) Febby Firmansyah dan beberapa sesi lain yang tidak kalah menarik. Pada hari berikutnya, dalam sesi utama yakni Boardgame For Peace¸ para peserta diajak berdialog tentang sejarah boardgame serta bermain boargame terbaru karya perusahaan desain game terbesar di Indonesia, yaitu Kummara.

Peserta diajak bermain sebuah papan permainan Galaxy Obscurio yang menceritakan tentang misi menyelamatkan galaksi dari ancaman kiamat. Tidak hanya itu, para peserta juga diberikan sebuah paket boardgame tersebut untuk dimainkan di lingkungan masing-masing pasca pelatihan.

Boardgame For Peace ini adalah beasiswa yang dibuka oleh PeaceGeneration Indonesia dan beberapa lembaga pendukung, untuk mencari pemuda yang tertarik pada isu perdamaian dan aktif menyuarakannya. Harapannya dari kegiatan ini, akan semakin banyak agen perdamaian yang memiliki kemampuan beragam, terutama dalam bidang pendidikan karakter. Melalui permainan papan misalnya, diharapkan nilai-nilai perdamaian akan semakin mudah disampaikan kepada generasi muda.