Header Ads

Header Ads

Peace-Santren Community berbagi pengalaman dengan Collin dari Peace Generation


Pati, Selasa (12/09/2017) Setelah mengikuti talkshow tentang nilai-nilai perdamaian di Ma’had Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA), kali ini para anggota Peace-santren Community mengadakan sharing bersama Collin Flake. Forum sharing tersebut dihadiri beberapa anggota selain dari Peace-Santren Community.
Sebelum sharing dimulai, setiap peserta memperkenalkan diri satu persatu. Tak terkecuali Collin yang merupakan Mahasiswa Weathon University jurusan Theology and Philosophy semester 7.
Dalam forum sharing tersebut, Collin bercerita bahwa dia tinggal di daerah yang rawan terjadi gesekan sosial yang dipengaruhi tokoh-tokoh agama. Padahal, dalam ajaran yang dia anut, jika mengajarkan perdamaian, maka istana Tuhan akan datang dengan sendirinya. Dari keyakinan Collin termotivasi untuk menyebarkan kedamaian.
Kamilia Hamidah, aktivis PeaceSantren menambahkan bahwa penduduk asli Amerika merupakan orang-orang yang berkulit hitam dan kemudian didominasi oleh para pendatang yang berkulit putih. Untuk menimalisir terjadinya gesekan antara kedua ras tersebut, dalam deklarasi Independen Amerika yang pertama tertulis ‘setiap orang adalah sama’.
Salah satu alasan yang membuat Collin atau Bima penasaran berkunjung ke Peace-Santren Community adalah apa yang membuat para anggota Peace-Santren mau bekerja di Peace-santren Community. Salah satu peserta berpendapat melalui pelatihan perdamaian, dia lebih bisa mengontrol emosi, sehingga bisa menimalisir konflik. Sekecil apapun konfliknya maka perlu segara di selesaikan agar tidak menjadi besar.
Baik Collin maupun para anggota Peace-Santren Community saling berbagi tentang cara-cara menyebarkan kedamaian, sharing tentang kendala-kendala yang dialami selama menyebarkan kedamaian

Selama di Indonesia, Collin mengikuti training 12 nilai dasar perdamaian dan telah mengajarkan nilai-nilai tersebut di Pesantren di Bandung. Selain itu, Collin juga mengajar bahasa inggris di Pesantren. Collin juga sangat senang bisa berkenalan dengan para anggota Peace-Santren Community.