Header Ads

Header Ads

Peace Promotion Hadiri Workshop Perdamaian di Wina


Direktur Pusat Studi Peace Promotion, Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA),  Kamilia Hamidah menghadiri kegiatan Religious Leaders as Practitioners of Interreligious Dialogue, Evaluation and Sustainability Training-Workshop, yang fokus pada dialog lintas agama dan lintas kultural oleh King Abdullah Bin Abdul Aziz KAICIID Dialogue Centre. Acara berlangsung sejak tanggal 24 sampai 30 November 2016 bertempat di kantor pusat KAICIID di Wina Austria.   

Kegiatan ini merupakan bagian dari rentetan program fellowship yang fokus pada dialog lintas agama dan juga lintas kultur dimana komponen pertama dan kedua dari fellowship dimulai pada 16 Mei – 3 Juni 2016. Dalam pelaksanaannya, KAICIID berkerjasama dengan Mindanao Peacebuilding Institute yang bertempat di Davao Mindanao Filipina.

KAICIID yang merupakan organisasi intergovermental yang mandatnya fokus pada kegiatan dialog lintas iman dan lintas budaya. Misinya untuk membangun perdamaian dunia, sehingga peserta yang ikut dalam program banyak melibatkan para praktisi di bidang perdamaian dan para tokoh-tokoh  agama dengan latar belakang agama yang berbeda. 

Acara yang berlangsung selama satu minggu penuh ini bertujuan sebagai monitoring dan evaluasi dari inisiatif program yang dilaksanakan oleh semua fellows, hambatan-hambatan yang ditemui selama masa implementasi dan juga pelajaran berharga yang didapatkan selama proses implementasi. Proyeksinya kegiatanya tersebut dapat menghasilkan rekomendasi, perbaikan dan juga masukan-masukan positif yang bisa dilakukan pada program berikutnya. 

Selain itu, program ini juga menjadi forum dalam memfasilitasi semua peserta untuk bisa bertemu muka, mempererat interkoneksi sehingga semakin memperluas interkoneksi lintas agama dan lintas geografis.

Diantara rentetan acara tersebut, para fellows diajak mengunjungi tempat-tempat ibadah dari semua agama yang berlokasi di Wina, diantaranya ke masjid terbesar di Wina, gereja dan juga sinagog.

Pada kesempatan penutupan acara, direktur general KAICIID menyampaikan bahwa program fellowship yang dimulai sejak tahun 2015, 2016, 2017 ini telah diikuti peserta sebanyak 89 dari 27 negara dari benua Asia, Afrika, Eropa dan Amerika dengan berbagai latar belakang agama.

Rentetan acara tersebut kemudian ditutup dengan prosesi Graduation Ceremony yang dilanjutkan dengan undangan kenegaraan kepada semua fellows dari kementrian luar negeri Austria untuk menghadiri konser opera Sarajevo. Hal ini merupakan respon positif sekaligus pengakuan dari pemerintah Austria atas kontribusi yang dilakukan KAICIID.

Wina, Austria 24-30 November 2016