Header Ads

Header Ads

Peace Promotion IPMAFA Ajak OSIS dan Pramuka Laksana Tebarkan Nilai Perdamaiaan


Pati, Minggu (4/9/2016), setelah sukses menyebarkan nilai perdamaian dalam Masa Orientasi Siswa / Peserta Didik Baru (MOPDB) dan pesantren kilat di SMK Cordova Pati, Pusat Studi Peace Promotion Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) kembali menyebar perdamaian dalam event Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan Nilai-nilai Dasar Perdamaian untuk siswa-siswi SMK Cordova yang tergabung dalam Himpunan Siswa Cordova (HSC) dan Dewan Ambalan Gudep Gus Dur dan Siti Aisyah.

            Acara dimulai pukul 8.30 dengan mengkondisikan peserta di halaman sekolah oleh tim fasilitator Peace Promotion dan dipandu oleh Ghofur dan Kak Ima, mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) IPMAFA. Event ini diikuti sebanyak sekitar 150 peserta yang terdiri dari siswa-siswi OSIS dan Pramuka Laksana.

Dalam sambutannya, Ni’am Sutaman selaku kepala sekolah SMK Cordova menyampaikan bahwa acara LDK ini diadakan untuk menghidupkan ruh keorganisasian di SMK Cordova. “Selama ini, organisasi kesiswaan yang ada disekolah selalu dimanjakan oleh fasilitas dan masih sangat bergantung pada para bapak dan ibu guru. Harapan kami dengan diadakannya LDK ini para siswa memiliki jiwa kepemimpinan dan mempunyai semangat berorganisasi secara mandiri” paparnya.

Materi pertama dalam LDK disampaikan oleh Sudiyono yang menjelaskan dasar kepemimpinan meliputi kiat-kiat berorganisasi, menajemen waktu, kedisiplinan serta norma dan etika yang harus dihormati oleh setiap siswa. Tujuannya untuk mencetak generasi muda yang progresif serta berkarakter. Setelah itu dilanjutkan dengan pelatihan 12 nilai-nilai dasar perdamaian dengan fasilitator dari mahasiswa-mahasiswi IPMAFA yang tergabung dalam Pusat Studi Peace Promotion dari Fakultas Dakwah Prodi PMI.

Selama acara, antusiasme peserta tampak dari aktivitas mereka yang tidak hanya duduk dan mendengarkan teori dari trainer. Peserta berpartisipasi aktif dalam praktik dan permainan-permainan yang berisi penanaman nilai-nilai bijak. “Manfaaat dari kegiatan ini tidak untuk teman-teman siswa Cordova saja, namun bagi saya ini pengalaman yang menarik dan banyak sekali ilmu yang saya dapatkan”, tutur Rona Nisrina Ulayya, mahasiswa IPMAFA yang menjadi trainer.


Dalam blanko pesan kesan yang diisi oleh para siswa cordova, Ika dari program Farmasi menuliskan, “Dengan mengikuti pelatihan dasar kepemimpinan yang dipadukan dengan nilai-nilai dasar perdamaian ini membuka cakrawala saya akan bagaimana cara berorganisasi serta berinteraksi dalam dunia sosial. Terimakasih kakak-kakak Peace Promotion”. (Rona&Intan).